Kordiv Pengawasan Bawaslu Provinsi Gorontalo Rahmad Katon Mohi,S.Sos.M.Si menginstruksikan kepada Bawaslu Kabupaten yang melaksanakan Pilkada agar melaksanakan edaran Bawaslu RI no 0252/K.Bawaslu/pm.00.00/3/2020 terkait Pengawasan Penundaan Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur ,Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19.

Hal tersebut diungkapkan pada rapat koordinasi bersama Bawaslu Kabupaten/Kota melalui video konferensi pada kamis , (26/03/2020).

Kordiv Rahmad mengatakan bahwa poin-poin yang tertera dalam edaran tersebut memuat secara tegas terkait pengawasan atas penundaan tahapan, maka kepada tiga kabupaten yang melaksanakan Pilkada diharapkan dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Kordiv Rahmad menambahkan bahwa, dalam rangka pelaksanaan tugas dan kewenangan Bawaslu serta masa kerja panitia Adhoc pengawas pemilu dalam masa darurat Covid 19 sesuai dengan SE Bawaslu disampaikan agar Bawaslu melakukan pemetaan terkait situasi terkini tentang penyebaran Virus Covid 19 yang berdampak pada Pilkada dengan melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah. Selain itu, perlu juga dibuat koordinasi bersama dengan seluruh jajaran pengawas pemilu melalui fasilitas teknologi informasi untuk mengetahui perkembangan dan situasi di lapangan dan kemudian dilaporkan ke Bawaslu Republik Indonesia melalui Bawaslu Provinsi Gorontalo.

#Salamawas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here