Ditengah kunjungan kerja-nya, Sekretaris Jenderal Bawaslu RI Gunawan Suswantoro menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie di rumah dinas Gubernur pada Jum’at (16/10/2020).

Pada kesempatan tersebut didampingi Pimpinan Bawaslu Provinsi dan Kepala Sekretariat, Gunawan mengucapkan terima kasih pada Gubernur atas hibah tanah untuk pembangunan kantor permanen Bawaslu Provinsi Gorontalo. Ia pun menyarankan ketika kantor itu dibangun pada bagian depan akan dibuat Pelataran Demokrasi yang dimaksudkan untuk mengakomodir demontrasi yang memang dijamin dalam Undang-undang.

“ Saya sempat mengusulkan pada Pak Gub, agar dibagian depan kantor yang akan dibangun , dibuat Pelataran Demokrasi, secara teknis misalnya akan dibuat panggung, Mic, Sound,dll yang dimaksudkan untuk para pendemo agar tertib menyuarakan aspirasi, kritik, dan saran pada Pengawas Pemilu”

Gunawan yang merupakan Doktor ilmu Politik Universitas Padjajaran juga menyampaikan jika saran itu terwujud Gorontalo akan punya Graha Pemilu pertama di Indonesia.

Disentil dengan partisipasi pemilih pada Pilkada ditengah Pandemi, Sekjend percaya Bawaslu dan KPU dengan strateginya mampun untuk menggaet partisipasi secara maksimal. Tetapi ia menyarankan bahwa pemerintah daerah bisa memberikan penghargaan pada desa yang mampu menaikkan partisipasi pemilih tentunya dengan mengedepankan protokol covid 19.
Penghargaan tersebut bisa dibuatkan tugu demokrasi agar menjadi pengingat keberhasilan Pilkada ditengah Pandemi.

#Salamawas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here