Unsur Pimpinan Bawaslu Provinsi Gorontalo masing-masing Ketua, Jaharudin Umar, Kordiv Hukum, Humas dan Hubal Idris Usuli, Kordiv Sengketa Ahmad Abdullah dan Kordiv SDM Rauf Ali melakukan koordinasi dan identifikasi kerawanan pemilihan di daerah perbatasan Provinsi Sulawesi Tengah dan Kabupaten Gorontalo Utara Minggu (16/02/2020).

Dalam kunjungan di daerah perbatasan tersebut Unsur Pimpinan Bawaslu Provinsi Gorontalo di sambut oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah yakni Kordiv Pengawasan , Bapak Sutarmin , Kabag Pengawasan,Syarifudin dan Panwas Kecamatan Palele. Dalam perbincangannya terakait dengan identifikasi kerawanan tersebut, dibuatlah nota kesepakatan yang memuat 4 hal yang penting diantaranya ;

  1. Koordinasi Pengawasan di wilayah perbatasan yang salah satu daerah tidak melaksanakan Pilkada.
  2. Penanganan lapaoran/temuan dugaan pelanggaran pemilihan yang terjadi diluar batas Yuridiksinya atau diluar wilayah kewenangan.
  3. Daftar pemilih diwilayah perbatasan, termasuk terkait pemenuhan syarat dukungan calon perseorangan.
  4. Pengamanan diwilayah perbatasan khusunya yang terkait konflik tapal batas.

4 poin yang menjadi nota kesepakatan tersebut menjadi komitmen pengawasan yang maksimal terkait  potensi kerawan atas dugaan pelanggaran yang mungkin akan terjadi. Penguatan ini akan mempermudah koordinasi antar pengawas pemilu di dua wilayah yang berbeda.

#Salamawas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here