Jaringan Pendidikan Pemilih Untuk Rakyat (JPPR) menggelar kegiatan Webinar Nasional dengan mengusug tema “Milenial, Partai Politik, dan Partisipasi Elektoral” dipandu oleh Guslan Batalipu, SH., selaku Koordinator JPPR Provinsi Gorontalo, yang juga sebagai salah satu alumni terbaik Sekolah Kader Pengawasan Pemilu Partisipatif (SKPP) yang diselenggarakan Bawaslu. (Senin, 15 Februari 2021).

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo J. Umar yang hadir dalam kegiatan webinar tersebut, memberikan pengantar diskusi pada pokoknya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran JPPR dan alumni SKPP yang telah berinisiatif melaksanakan kegiatan webinar yang menurutnya sangat menarik serta menguraikan tentang “Peran Pemuda dalam Partisipasi Elektoral’, bersama para narasumber Alwan Ola Riantoby M.Si selaku Koordinator Nasioanal JPPR dan Muhtar Said, SH, MH selaku Ahli Hukum Administrasi Negara dari Universitas Nahdatul Ulama Indonesia.

Dalam sambutannya J. Umar menyampaikan sebagaimana ketentuan UU No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, “Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.”

Menurutnya peran Pemuda dalam mengawal pelasksanaan demokrasi sangatlah besar. Sejarah mencatat, bahwa pemuda memiliki peran sangat penting dalam setiap perubahan yang terjadi di negeri ini. Banyak peristiwa besar yang menunjukkan aksi nyata para Pemuda, sebelum Indonesia merdeka hingga sekarang, seperti berdirinya Budi Utomo pada tahun 1908, Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Peristiwa Malari 1974, hingga masa reformasi ditandai oleh pergerakan mahasiswa pada 1998.

Selanjutnya J. Umar mengutip ungkapan Presiden Soekarno “Beri Aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri Aku 10 Pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. Ucapan di atas membawa makna, begitu pentingnya kiprah para pemuda dalam pembangunan bangsa. Dapat dikatakan, besarnya suatu bangsa sangat ditentukan oleh keterlibatan kawula muda.

Pada akhir sambutannya, lulusan magister hukum ini mengajak kepada generasi muda untuk turut serta mengawal tegaknya demokrasi di negeri ini demi menjaga pelaksanaan kedaulatan rakyat melalui pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah yang berkualitas dan berintegritas .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here