Bawaslu Provinsi Gorontalo gelar sosialisasi internal penggunaan aplikasi Sistim Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) di ruang sidang Bawaslu Provinsi Gorontalo (19/02/2020)

Hadir membuka kegiatan dan memberikan arahan Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Jaharudin Umar, Kordiv Sengketa Ahmad Abdulah, Kordiv SDM Rauf Ali dan Kepala Sekretariat Nikson Entengo.

Dalam arahan Ketua Jaharudin menyampaikan bahwa aplikasi SIPS ini adalah bagian pengembangan oleh Bawaslu RI yang mampu memudahkan publik mengetahui segala informasi terkait dengan penyelesaian sengketa.

“Aplikasi ini adalah pengembangan dari Bawaslu RI untuk mempermudah masyarakat atau publik mengetahui secara detail terkait dengan  perkembangan penyelesaian sengketa, olehnya saya berharap agar operator yang ada di Provinsi dapat berhati-hati dalam meng-upload berbagai infomasi, harus sesuai dengan kaidah peraturan perundang-undangan”

Sementara Kordiv Sengketa Ahmad Abdulah menambahkan bahwa , seluruh staf Bawaslu wajib mengetahui terkait dengan penggunaan apliaksi SIPS.

“Saya berharap agar aplikasi ini mampu diketahui secara komperhensif, tidak hanya di level operator dan admin, tetapi seluruh staf Bawaslu Provinsi Gorontalo, hal ini penting agar kemudian pertanyaan publik akan mudah dijawab oleh siapapun yang ada di kantor ini”

Kegiatan sosialisasi internal yang dihadiri oleh seluruh staf teknis dan pejabat struktural Bawaslu ini sebagai tindak lanjut dari peluncuran Aplikasi SIPS yang dilaksanakan Bawaslu RI pada tanggal 17 Desember 2019 silam.

SIPS sebenarnya adalah sebuah aplikasi yang mempermudah pemohon untuk melaporkan perkara lewat sistem dalam jaringan (online). Pada  perkembangannya aplikasi ini sebenarnya telah ada sejak 2018 hanya belum terlalu optimal khususnya dalam hal pelaporan sengketa pemilu yang masih harus mengunjungi kantor Bawaslu setempat. Kini dengan perkembangan aplikasi SIPS informasi terkait dengan tahapan penyelesaian bisa di pantau lewat sistim tersebut secara transparansi.

 

#Salamawas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here