Bawaslu Gorontalo– Bawaslu Provinsi Gorontalo terus mematangkan persiapan dalam rangka pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2017. Hal ini dapat dilihat dari agenda Pimpinan Bawaslu bersama jajaran yang melakukan kunjungan kerja Audiensi dan Silaturahim ke pemerintah daerah Kabupaten/ Kota  se Provinsi Gorontalo.

Pasca pelaksanaan pemilukada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 ditiga daerah diprovinsi Gorontalo, Bawaslu Gorontalo sebagai salah satu penyelenggara pemilu di Provinsi Gorontalo memandang perlu untuk melaksanakan Audiensi dan silaturahim bersama pemerintah Kabupaten/Kota, dalam menghadapi penyelenggaraan pemilukada Gubernur dan wakil Gubernur tahun 2017 yang proses tahapannya akan segera dilaksanakan beberapa saat  lagi.

Audiensi dan silaturahim ini sendiri adalah bertujuan untuk mensosialisasikan tentang fugsi dan tugas dari Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu yang berorientasi   kepada pengawasan terhadap penyelenggara dan peserta pemilu. Disamping hal tersebut agenda ini adalah juga untuk membahas tentang pengembalian Anggota ASN yang diperbantukan kepada Panwaslu Kabupaten yang telah melaksanakan pilkada didaerah tahun 2015 beberapa waktu lalu, sehubungan  dengan berakhirnya masa tugas dalam struktur Panwas Kabupaten  tersebut.

Selanjutnya Pimpinan Bawaslu juga menyampaikan permohonan dukungan Personil ASN,  sarana dan prasarana penunjang  dari pemerintah daerah Kabupaten/Kota kembali, untuk menghadapi penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2017,  yang akan kembali dilaksanakan diProvinsi Gorontalo.

Kunjungan kerja serta Audiensi dan silaturahim jajaran Bawaslu ini sendiri, diawali dengan kunjungan kerja  kepada pemerintah Kabupaten yang telah melaksanakan pemilihan Kepala Daerah tahun 2015 dan dilanjutkan dengan kunjungan kerja kepada pemerintah Daerah Kabupaten/Kota lainnya yang terdapat di Provinsi Gorontalo. Provinsi Gorontalo sendiri terbagi atas 6 wilayah Kabupaten/Kota, yang tiga diantaranya telah melaksanakan prosesi pemilihan kepala daerah tahun 2015. Sedangkan 3 lainnya yaitu Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kota Gorontalo akan kembali bersama sama dalam proses pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur 2017, dan satu daerah lainnya yaitu Kabupaten Boalemo juga akan kembali melaksanakan perhelatan pemilihan Kepala Daerah tahun 2017.

Ketua Bawaslu Provinsi Gorontalo Siti Haslina Said, SH.,MH juga mengapresiasi dan memberikan penghargaan tinggi, karena seluruh kepala daerah siap memberikan dukungan penganggaran dan kebutuhan tenaga Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan di perbantukan untuk mensukseskan kinerja Pengawas (Panwas) di tingkat Kabupaten/Kota. Selanjutnya untuk kesiapan perangkat Panwas diKabupaten/Kota, beliau mengungkapkan akan melakukan perekrutan kembali komisioner panwas ditingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa, karena untuk pelaksanaan Pilgub 2017 saat ini masih menunggu petunjuk teknis Bawaslu RI soal mekanisme perekrutan keanggotaan Panwas Kabupaten/Kota. Akan tetapi dipastikan sebelum tahapan Pilkada 2017 dimulai, kedudukan Panwas untuk Kabupaten/Kota dan tingkatan dibawahnya sudah terisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here